Bukan Samsung-Oppo-Xiaomi, Ini HP ‘Rusak’ Paling Laku

Warga membeli kartu perdana di ITC ROXY MAS, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Aturan pajak penyelenggara jasa telekomunikasi mulai di berlakukan namun aturan itu tidak terdampak pada pembelian pulsa, kartu perdana atau token listrik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 
Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, ketentuan pajak pulsa yang mulai berlaku (1/2/2021) bertujuan menyederhanakan pengenaan PPN dan PPH atas pulsa atau kartu perdana, token listrik dan voucer serta untuk memberikan kepstian hukum.   (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

– iPhone menguasai pasar HP refurbished global pada 2022. Apple bahkan menumbangkan raksasa teknologi lain seperti Samsung, Oppo, dan Vivo.

Sebagai informasi, refurbished atau rekondisi merujuk pada smartphone bekas yang diperbaiki langsung oleh para vendor.

Dalam laporan Counterpoint Research, smartphone rekondisi iPhone naik 16% per tahun. Pangsa pasarnya juga mencapai 49% atau melesat dari 44% pada tahun sebelumnya, dikutip dari BGR, Rabu (26/4/2023).

BGR mencatat capaian ini karena layanan AppleCare+ pada ponselnya. Layanan tersebut memberikan garansi satu tahun pada baterai dan perbaikan bagian luar.

Dengan layanan tersebut artinya jika HP refurbished pengguna bermasalah, Apple akan menanggungnya.

iPhone rekondisi juga lebih mudah diakses dan lebih murah. Ini berbeda dengan produk terbaru iPhone yang sulit didapatkan tahun lalu dan harganya juga termasuk mahal.

Sementara itu Apple juga menjual smartphone terbanyak hampir setengah pasar refurbished, yakni 49%. Untuk vendor lain ada Samsung dengan 26%, Oppo 3%, dan Vivo 3%.

Counterpoint juga melaporkan pasar rekondisi India menumbangkan China tahun lalu. Pasar China disebut mengalami penurunan sepanjang 2022.

Analis senior di Counterpoint menjelaskan ekosistem HP refurbished di seluruh negara sedang berkembang. Ini akan berdampak pada China, di mana impor dan ekspor dari segmen tersebut berkurang.

Sejumlah negara berkembang di Amerika Latin, Asia Tenggara, India dan Afrika juga mulai melirik pasar smartphone rekondisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*