Gaji UMR Ingin Hidup Nyaman di Jakarta? Gini Atur Keuangannya

Ilustrasi Rekrutmen Karyawan

Gaji setara UMR kerap kali disebut pas-pasan, dan terkadang hal itu juga membuat seseorang menjadi sulit menyisihkan uang untuk menabung dan lainnya.

Adapun hal yang selalu menjadi fokus utama mereka yang bergaji pas-pasan adalah mencari pekerjaan baru dengan penghasilan yang lebih tinggi. Karena bukan rahasia lagi, penghasilan yang baik adalah solusi dari setiap masalah keuangan yang ada.

Akan tetapi, mencari pekerjaan baru dengan gaji yang diinginkan tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang, Anda harus menunggu selama setahun, dua tahun, atau bisa saja lebih lama dari itu.

Sembari berupaya mencari pekerjaan demi meningkatkan penghasilan, lakukanlah beberapa tips mengatur keuangan di bawah ini agar mapan bukan lagi angan-angan.

Kontrol Keinginan Anda

Setiap orang tentu memiliki keinginan yang berbeda-beda karena apa yang mereka sukai juga berbeda. Tidaklah salah menabung atau menggunakan uang yang kita miliki untuk hal yang kita sukai asalkan sesuai porsinya.

Alokasikan saja uang maksimal 10% dari gaji per bulan untuk membeli atau melakukan hal yang kita sukai. Agar ke depannya, Anda bisa kembali semangat bekerja.

Miliki Dana Darurat

Catat pengeluaran sedetail mungkin untuk mengetahui besaran pengeluaran Anda dalam sebulan. Dan mulai lah untuk menabung dana darurat setiap bulan dengan 10% penghasilan sampai terkumpul uang setara tinggal hingga enam kali pengeluaran bulanan.

Bagi Anda yang masih lajang, dana darurat setara tiga kali pengeluaran bulanan tentu cukup. Namun bagi Anda yang sudah berumah tangga, sediakanlah minimal enam kali pengeluaran bulanan.

Pastikan Kepesertaan BPJS Kesehatan Aktif

Dengan BPJS Kesehatan, Anda tidak akan mengeluarkan uang jika harus menjalani proses berobat, baik rawat jalan atau rawat inap. Pastikan tempat kerja Anda selalu membayar iuran BPJS Kesehatan Anda, karena jika tidak maka fasilitas berobat gratis itu tidak akan bisa Anda manfaatkan.

Lantas apa kabarnya dengan asuransi? Perlukah orang bergaji UMR membeli asuransi kesehatan?

Mengingat penghasilannya yang masih tergolong pas-pasan, asuransi kesehatan tidak wajib asalkan sudah memiliki BPJS. Alokasikan saja dana Anda untuk hal di bawah ini.

Investasi Leher ke Atas dan Investasi Jangka Panjang

Jika memang Anda mendambakan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik, maka ketahuilah bahwa hal itu tidak akan bisa Anda dapatkan sebelum Anda mau mengembangkan skil dan keterampilan kerja Anda.

Investasi yang terbaik sejatinya adalah investasi di diri sendiri. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya agar Anda bisa mendapatkan skil-skil baru yang akan menunjang performa Anda di dunia kerja.

Dan fokuskanlah investasi Anda di instrumen keuangan untuk jangka panjang terlebih dulu. Sebut saja seperti dana pensiun. Tidak perlu khawatir untuk menunda keinginan jangka pendek demi mendapatkan hasil yang optimal di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*