Real Count KPU, Komeng Peringkat Atas di Pemilu DPD Jawa Barat

Hingga Jumat pagi, Komeng meraup 700.966 suara atau 10,04 persen dari total data yang masuk ke KPU.

 

Jakarta, CNN Indonesia — Komedian Alfiansyah Komeng┬áduduk di posisi teratas dalam pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah Jawa Barat berdasarkan rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU). Komeng mengalahkan puluhan nama lainnya yang bersaing di daerah pemilihan yang sama.
Menurut rekapitulasi KPU per Jumat (16/2) pukul 10.19 WIB, dengan data masuk 39,49 persen, Komeng meraih 700.966 suara atau 10,04 persen.

Lalu, di posisi kedua ada pengusaha Aanya Rina Casmayanti dengan 312.256 suara atau 4,47 persen. Kemudian, aktris Jihan Fahira di posisi ketika dengan perolehan 279.955 suara atau 4,01 persen.

DPD merupakan lembaga perwakilan daerah yang anggotanya mewakili tiap provinsi di Indonesia. Anggota DPD disebut sebagai senator.

Mereka berperan menyuarakan kepentingan daerah masing-masing di tingkat nasional. DPD mempunyai fungsi legislasi, pengawasan, dan penganggaran.

Pembentukan DPD RI disahkan pada 9 November 2001 sebagai salah satu bagian dari amendemen ketiga UUD 1945.

Anggota DPD dari setiap provinsi ditetapkan sebanyak empat orang. Masa jabatan DPD adalah lima tahun.

Kehadiran Komeng di pemilihan DPD ini jadi perbincangan publik. Fotonya di surat suara tampak berbeda dengan calon senator lainnya.

Ia memasang wajah dengan ekspresi kocak di surat suaranya, sedangkan calon-calon yang lain memakai foto yang lebih formal.

(pop/tsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*